Selasa, 01 April 2014

Johann Boyke Nurtanio: Online is The Future!

Teknologi informasi yang semakin pesat, belakangan banyak dipilih agen-agen properti untuk mempromosikan produk-produk jualan mereka. Salah satunya adalah agen properti asal Australia, Ray White. 

Menurut Johann Boyke Nurtanio, Country Director Ray White Indonesia, di usianya yang ke-15 tahun di Indonesia dan 110 tahun secara global, sudah saatnya Ray White menggunakan media online sebagai penunjang marketing. Berikut ini nukilan wawancara Rumah.com dengan pria yang akrab disapa Boyke ini, di sela-sela penandatanganan MoU antara Rumah.com dengan Ray White Indonesia.

Mengapa Ray White memilih online?
Karena, online is the future. Dalam bisnis kami, marketing sangat penting. Saat ini, beriklan di media cetak sangat mahal, karena populasi rakyat kita besar. Jadi kami harus mencari alternatif. Dan yang menurut kami terbaik adalah online. 

Dalam tiga tahun terakhir, akses internet di Indonesia sudah jauh lebih cepat dan mudah, dimana 60% mengakses lewat mobile phone (smart phone) atau tablet. Kami melihat, dengan akses yang makin mudah, maka iklan properti secara online akan banyak yang melihat. 

Seperti apa profil konsumen yang membeli lewat jalur online?
Pada awalnya, iklan online banyak dipakai untuk menggaet first home buyer yang tinggal di pinggir kota, seperti Serpong dan Bekasi. Para calon pembeli, umumnya adalah pasangan muda yang computer savvy, yang terbiasa mengakses komputer dan internet. Di sisi lain, dengan nilai properti yang lebih rendah dari properti di tengah kota, bujet iklan pun lebih kecil bagi pemilik rumah, sehingga mereka pilih beriklan secara online.

Tetapi, dari pengalaman kami di Ray White, iklan online pun sudah mulai dipakai untuk menjual produk properti di tengah kota seperti apartemen. Contohnya, apartemen di Kempinski dengan harga Rp4,5 miliar, leads-nya justru datang dari iklan online. 

Jadi, bagaimana masa depan bisnis properti secara online? 
Kami melihat, masa depan iklan online sangat exciting dalam 15 tahun ke depan. Saya katakan, teknologi adalah penunjang kemajuan bisnis kami.

Bisa diceritakan seputar One System milik Ray White?
Kami memiliki one system (bernama MyDesktop) yang memudahkan marketing mengolah data base. Kami menyadari, bahwa aset bisnis kami adalah data base. Tetapi, data base tidak ada manfaatnya kalau tidak ada relationship dengan klien-klien atau pengguna jasa kami. Dengan mereka, kami harus terus berhubungan, baik seminggu sekali atau sebulan sekali. Dulu kami harus mengirim news letter. Sekarang kami bisa memakai e-newsletter yang bisa langsung dikirim ke email.

One system mengelola data base dan CRM (Customer Relationship Management). Dengan menggunakan sistem ini, data kami tidak hilang. Selain itu dengan sistem online, listing baru bisa di-upload lewat BlackBerry atau iPhone dan langsung tayang di website kantor, website Ray White, dan Rumah.com. Jadi dengan sekali pencet tombol, listing akan muncul di di tiga website sekaligus. Hal ini tentu lebih menghemat waktu dan kesempatan listing untuk dilihat lebih besar. 

Mengapa Ray White memilih bekerjasama dengan Rumah.com?
Kami melihat pertumbuhan Rumah.com dalam 12 bulan terakhir cukup baik. Pertumbuhan PropertyGuru (owner Rumah.com) di Singapura dalam 12 bulan terakhir juga sangat baik, dan mereka menjadi market leader. Kami juga melihat tren ke depan Rumah.com, karena sangat berpengaruh secara regional.

Kunjungi juga website kami : www.raywhitesentul.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar